TukangCCTV.com – Tahukah kamu jika bandara Singapura memiliki sistem CCTV terbesar di dunia dengan lebih dari 3.000 kamera? Mau tahu fakta unik lainnya seputar CCTV? Nah, berikut 5 fakta unik tentang CCTV yang ada di seluruh dunia, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. CCTV PERTAMA
cctv1
CCTV pertama di dunia pertama kali dipasang di Jerman pada 1942. Saat itu, CCTV digunakan untuk mengobservasi peluncuran roket V2 di Tes Stand VII oleh insinyur Jerman, Walter Bruch. Setelah itu, CCTV akhirnya mulai digunakan secara umum pada 1962.

2. CCTV TERBANYAK
london
Di dunia ini, ada sekitar 25 juta CCTV kamera yang beroperasi. Menariknya, United Kingdom (UK) menjadi negara dengan jumlah CCTV terbanyak. Kira-kira ada sekitar 4 juta CCTV di sana. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari total jumlah instalasi kamera pengaman di seluruh dunia.
Toko Harrods di London memiliki 500 instalasi kamera CCTV, sedangkan jaringan terowongan bawah tanah di London dilengkapi dengan 11.000 kamera CCTV.
Pada praktiknya, 1 kamera CCTV di UK bisa merekam tindak-tanduk hingga 11 orang. Jadi, dalam sehari, jumlah warga yang muncul di CCTV bisa mencapai 12.000.000 orang.
Tak heran jika, London menjadi salah satu kota dengan jumlah kamera CCTV terbanyak dibandingkan kota lainnya di dunia. Hal ini bisa terjadi karena pemerintahan Inggris Raya, mendanai proyek pengembangan jaringan CCTV terbesar di dunia dengan total dana hingga 420 juta poundsterling.
Ironisnya, hanya sekitar 3 persen kasus kriminal di UK yang akhirnya bisa terbongkar berkat bantuan CCTV.

3. CCTV RUMAH
cctvrumah
Para ahli di seluruh dunia yakin sekitar 67 persen tindakan pencurian bisa dicegah jika setiap orang memiliki kamera CCTV di rumahnya.
Sayangnya, data lain menyebutkan hanya sekitar 9 persen pemilik rumah yang memiliki CCTV. Di sisi lain, ada sekitar 67 persen pencuri diduga bisa menghindari sistem instalasi CCTV di rumah.

4. CCTV DIGUNAKAN UNTUK APAPUN DAN DAPAT DIAKSES DIMANAPUN
cctv rumah
Kamu bisa mengakses sistem CCTV secara remote via internet sehingga bisa dengan mudah memantau keadaan rumah atau bisnis. Namun, kamu sebaiknya memberikan penanda bahwa CCTV sedang merekam sehingga orang-orang sadar bahwa aksi mereka terekam.
Kamera IP CCTV semakin banyak digunakan dibandingkan dengan kamera analog. Perangkat ini disukai karena menghasilkan kualitas gambar yang lebih superior dengan harga yang cukup terjangkau.
Selain digunakan untuk memantau apakah ada orang asing yang masuk, CCTV juga semakin sering digunakan untuk hal lain. Misalnya, CCTV yang dipasang di daerah pabrik nuklir atau area dengan temperatur sangat tinggi.
Uniknya, beberapa CCTV menggunakan sistem teknologi automatic number plate recognition (ANPR). Teknologi ini akan merekam plat nomor kendaraan sehingga bisa digunakan pihak berwajib untuk mengidentifikasi kejahatan.
Selain digunakan untuk memantau apakah ada orang asing yang masuk, CCTV juga semakin sering digunakan untuk hal lain. Misalnya, CCTV yang dipasang di daerah pabrik nuklir atau area dengan temperatur sangat tinggi.
Fakta unik lainnya, ternyata banyak penjahat yang juga menggunakan kamera CCTV untuk membantu kejahatannya. Aksi ini biasanya digunakan penjahat yang melek teknologi dan bisa meretas CCTV di tempat-tempat strategis, seperti di ATM.
Berkat hacking CCTV, mereka bisa merekam nomor PIN bank kamu atau memantau rutinitas orang yang keluar-masuk ATM. Namun, seiring dengan canggihnya sistem CCTV, para penjahat kini cukup kesulitan juga melakukan aksi hacking semacam ini.

5. FAKTA CCTV dI INDONESIA
cctv indo
Di Indonesia, Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) memprediksi pangsa pasar CCTV di Indonesia akan tumbuh menjadi 1,8 triliun pada tahun ini dibandingkan tahun lalu Rp 1,6 triliun.
CCTV di Indonesia kini semakin banyak digunakan oleh pemerintahan. Contohnya oleh Dinas Perhubungan DKI yang memiliki 14 unit CCTV dengan kemampuan menyalurkan suara dari pusat komando di Kantor Unit PSPLL di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.
Sebanyak 14 unit kamera dengan kemampuan menyalurkan suara itu telah dipasang sejak tahun anggaran 2012/2013 dan 2013/2014. Semua CCTV tersebut berjenis pan tilt zoom (PTZ) atau kamera yang dapat diatur gerakannya untuk melihat daerah di sekelilingnya.

Setelah menyimak 5 fakta di atas, apakah kamu makin tertarik menambah jumlah kamera CCTV di dunia dengan cara memasang CCTV beberapa unit di rumahmu?

(Maxim Tsigalko)
sumber :https://review.bukalapak.com/gadget/5-fakta-unik-dan-mengejutkan-seputar-cctv-51507